Kendaraan termasuk salah satu aset penting dalam hidup, apalagi untuk orang-orang yang pada dasarnya memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, tentunya wajib untuk punya kendaraan sebagai sarana mobilitas sehari-hari, yaitu modal yang digunakan dalam melakukan kegiatan. Namun ada kalanya kendaraan ini juga bisa rusak akibat kecelakaan sampai dengan hilang karena pencurian, untuk itu pastikan terproteksi dengan Allianz MobilKu, sehingga tinggal ajukan klaim asuransi Allianz ketika terjadi peristiwa.
Tata Cara Klaim Allianz MobilKu
Di Indonesia sendiri sudah ada banyak orang yang membeli produk asuransi MobilKu dari Allianz ini, pastinya tidak sekedar satu atau dua saja, dimana asuransi MobilKu sendiri memiliki banyak pilihan produk yang nantinya dapat dibeli sesuai kebutuhan, mulai diantaranya adalah untuk perlindungan TLO ataupun juga perlindungan semuanya. Sehingga bisa disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan Anda. Lalu bagaimana langkah untuk mengajukan klaimnya? Tentunya sangat mudah, berikut ini yang dapat dilakukan, yaitu:
- Terjadi peristiwa yang dilindungi oleh asuransi, klaim hanya dapat dilakukan ketika terjadi peristiwa yang dilindungi oleh asuransi, hal ini tentunya harus sesuai dengan isi atau ketentuan di dalam polis asuransi tersebut. Contohnya adalah yang terjadi dan menyebabkan kendaraan rusak, sehingga membutuhkan biaya perbaikan ke bengkel.
- Polis asuransi dalam kondisi yang aktif, klaim asuransi juga harus dalam kondisi yang aktif, karena saat polis asuransi tersebut sedang lapse atau tidak aktif, pastinya klaim tidak dapat dilakukan. Polis asuransi bisa dalam kondisi yang aktif jika nasabah rutin membayar kewajiban atas preminya.
- Segera melaporkan peristiwa kepada perusahaan asuransi, ketika kecelakaan tersebut terjadi maka alangkah baiknya bagi Anda untuk tidak menunda-nunda dalam membuat laporan, buatlah laporan sesegera mungkin, agar bisa segera diproses, karena faktanya sendiri ketika telat dalam memberikan laporan, yaitu lebih dari 3 hari dari waktu kejadian, maka permintaan tidak dapat diproses.
- Lengkapi berkas atau dokumen yang diminta, setelah Anda membuat laporan maka nantinya akan dimintai dokumen penunjang yang menjadi bukti peristiwa tersebut. Pastikan bahwa semua dokumen lengkap atau tidak ada yang kurang. Kekurangan satu dokumen saja bisa membuat permintaan klaim asuransi Allianz ditolak atau gagal.
- Segera ajukan klaim, jika semuanya sudah lengkap maka klaim harus langsung diajukan, nantinya pihak asuransi akan memprosesnya terlebih dahulu. Sehingga Anda harus menunggu selama beberapa waktu apakah nantinya permintaan klaim tersebut ditolak atau diterima. Jika diterima maka bisa segera memperbaiki kendaraan ke bengkel yang sudah ditentukan atau termasuk rekanan perusahaan asuransi.
Syarat Penting Klaim Asuransi MobilKu
Ada beberapa ketentuan penting yang harus Anda perhatikan dan tidak boleh diabaikan pada saat mengajukan klaim asuransi ini, diantaranya adalah:
- Laporan yang dibuat tidak lebih dari 3 hari pasca peristiwa terjadi, asuransi kendaraan ini termasuk yang paling pendek batas waktu pembuatan laporan, klaim harus dilakukan sesegera mungkin atau jika tidak permintaan Anda nantinya akan otomatis ditolak.
- Dilarang memperbaiki kendaraan sendiri di luar komando dari perusahaan asuransi, sering kali banyak diantara nasabah yang tiba-tiba memperbaiki kendaraannya sendiri, padahal perusahaan asuransi belum memberikan perintah. Ketika telah terlanjur diperbaiki secara mandiri, biasanya perusahaan asuransi akan menolak permintaan klaim yang dilakukan oleh nasabah.
- Pengajuan klaim yang dilakukan untuk peristiwa yang tidak dilindungi oleh asuransi, contohnya adalah kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian saat mengemudi, dalam kondisi mabuk dan sejenisnya. Jika ini yang terjadi maka secara otomatis permintaan klaim nasabah nantinya juga akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Jadi penting memperhatikannya baik-baik.
Berkas untuk klaim asuransi Allianz tidak hanya dapat dikirim secara langsung ke kantor utama perusahaan. Melainkan juga dapat Anda kirim secara online lewat alamat email perusahaan, pastinya sudah tidak asing lagi bahwa Allianz ini juga menawarkan fasilitas klaim secara digital atau online. Semata-mata fitur ini disediakan untuk mempermudah nasabah yang ingin melakukan klaim asuransi, sehingga dapat Anda coba sendiri. Membeli produk asuransi dari Allianz sendiri juga sangatlah mudah karena bisa online, tanpa lewat agen.